Jumat, 27 Mei 2011

Tulisan Softskill 4

Nama : Angga Kurniawantoro
NPM : 10208136
Kelas : 3EA10
Mata Kuliah : B.Indonesia 2

Abstrak

1.1 Pengertian Abstrak

Pengertian abstrak secara umum adalah inti sari tulisan, meliputi latar belakang penelitian secara ringkas, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan penelitian dan panjang abstrak maksimum 150-200 kata dan dilengkapi dengan kata kunci.

Pengertian abstrak Menurut American National Standards Institute (1979), abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat dari kandungan dokumen yang mencakup semua hal yang penting dari dokumen asli, biasanya mengikuti gaya, susunan seperti pada dokumen asli. Abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.

1.2 Tujuan Abstrak

Tujuan abstrak adalah untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca tentang apa yang terdapat dalam suatu tulisan. Selain itu, abstrak memungkinkan pembaca untuk membaca literatur dalam jumlah yang besar. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya duplikasi dalam penelitian dan pengembangan.

1.3 Jenis Abstrak

Abstrak dikelompokkan menjadi dua jenis, antara lain:
1.3.1 Abstrak Deskriptif
Abstrak Deskriptif adalah jenis abstrak yang hanya menyajikan suatu uraian yang sangat singkat tentang isi tulisan tanpa menyatakan apa yang dibahas dalam aspek-aspek yang tercakup pada tulisan itu sendiri. Abstrak cukup disusun dalam kalimat tunggal sehingga Abstrak tidak memerlukan perincian yang bersifat detil ataupun contoh yang bersifat ilustratif. Pada abstrak penulis hanya menyajikan hal-hal yang bertalian dengan topik atau menyajikan semata-mata tentang problematika yang terdapat dalam tulisannya.

1.3.2 Abstrak Informatif
Abstrak Informatif dibagi menjadi dua jenis, antara lain:
1. Abstrak Informatif Ringkasan (Precise)
Ringkasan merupakan penyajian singkat tentang isi tulisan dengan memperlihatkan urutan dari isi atau bab-bab yang terdapat dalam tulisan. Dalam bentuknya yang singkat itu, urutan tentang isi atau bab-bab tulisan disajikan secara proporsional. Pada prinsipnya di dalam ringkasan, gagasan dan pendekatan penulis telah tampak dan problematika berikut upaya pemecahan yang ada dalam tulisan disajikan berurutan sesuai bab-bab yang ada. Ada kalanya ilustrasi juga disertakan dalam ringkasan.

2. Abstrak Informatif Ikhtisar (Summary)
Abstrak yang berbentuk ikhtisar sebenarnya sering digunakan para penulis dalam membuat kutipan secara tidak langsung ataupun di dalam menyimpulkan suatu uraian. Sebagai salah satu bentuk abstrak, ikhtisar juga merupakan penyajian singkat tentang isi tulisan namun tidak mempertahankan urutan bab-bab yang ada seperti halnya pada ringkasan. Dengan demikian, problematika dan upaya pemecahan yang tersaji dalam tulisan dijelaskan secara ringkas dan bebas tanpa memberikan penjelasan mengenai isi dari seluruh tulisan secara proporsional. Ilustrasi pun kadang juga diperlukan dalam sebuah ikhtisar.

1.4 Sifat Abstrak

Abstrak memiliki beberapa sifat antara lain:
1. Ringkas: menyatakan atau menjelaskan dengan cara menggunakan kata atau kalimat yang ringkas dan terhindar dari ekspresi yang berlebihan (Redundancy).
2. Jelas: menggunakan kata atau kalimat yang jelas dan terhindar dari arti ganda (Ambiguity).
3. Tepat: menggunakan ekspresi yang tepat dan spesifik dalam menggambarkan isi dokumen.
4. Berdiri sendiri: deskripsi dari dokumen digambarkan secara lengkap dan dapat dimengerti sepenuhnya tanpa harus merujuk pada dokumen lain.
5. Objektif: terhindar dari interpretasi dan penilaian pribadi.

1.5 Kesimpulan

Dari penulisan di atas mengenai abstrak dapat disimpulkan bahwa abstrak adalah suatu ringkasan yang dijelaskan secara singkat, jelas, dengan menyertakan kata kunci mengenai penelitian maupun penulisan yang dibuat oleh penulisnya yang bertujuan untuk memberitahu kepada para pembacanya. Abstrak terbagi menjadi dua jenis yaitu: Abstrak Deskriptif dan Abstrak Informatif terdapat dua jenis antara lain: Abstrak Informatif yang berbentuk ringkasan dan Abstrak Informatif yang berbentuk Ikhtisar.

1.6 Daftar Pustaka

http://paul02583.wordpress.com/2008/05/14/menuju-kepuasan-pelanggan-melalui-penciptaan-kualitas-pelayanan-2/

http://staf.cs.ui.ac.id/WebKuliah/Scientific-Writing/Abstrak.ppt


1.7 Contoh Abstrak

MENUJU KEPUASAN PELANGGAN
MELALUI PENCIPTAAN KUALITAS PELAYANAN

Julita, SE.,
Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Abstrak

Orientasi perusahaan modern adalah menciptakan kepuasan bagi para pelanggan. Pelanggan pelanggan yang puas akan memberikan loyalitas yang tinggi kepada perusahaan. Kepuasan pelanggan dapat dicapai melalui penciptaan pelayanan yang berkualitas tinggi, dalam hal kenyataan, janji, perhatian, empati, dan jaminan. Jika kepuasan pelanggan tinggi akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang demi kelangsungan organisasi.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar